[BeraniCerita # 21] Eep & Entin


"Entin! Kenapa diem aja sih?!"

Entin tersentak dari lamunan. "Eh, ya kenapa, Ep?"

"Pegangin goloknya bentar."

"Buat apaan sih, Ep?"

"Udah, ntar lu tau sendiri."

Kepala Eep clingak clinguk. Mengintip dengan teropongnya dari kejauhan dan memastikan penjaga kebun sedang tertidur.

"Aman!"

Eep menarik jantung Pisang dan menggapai-gapai pangkal tandan yang menjulur diatas kepalanya.

"Ntin! Bantuin gue dong, cepetan!"

"Nggak ah! Makan Pisang sesisir aja gue enek Ep, apalagi musti makan ampe setandan gitu."

"Siapa bilang ini buat lu, Entiiin...! Ini  buat Emak gue yang lagi ngidam."

"Lah, keterlaluan Emak lu, Ep. Pagi-pagi buta gini nyuruh anaknya nyolong Pisang."

"Nggak mungkinlah Emak gue kayak gitu, Ntin."

"Trus, kenapa lu musti pake nyolong? Di tangkep Hansip, baru tau rasa lu, Ep."

"Lu nggak usah khawatir, kalo ketauan gue bakal tanggung jawab." Eep menghentikan kegiatannya dan menatap Entin. "Lu setia kawan kan?"

"Iya, iyaaaa ..."

"Ya udah, cepetan bantuin!"

***

"Mak, Pisangnya udah dapet."

"Loh, duitnya kan belom Emak kasih, Ep?"

"Setandannya 75 ribu perak, Mak. Tadi pinjem duitnya Entin dulu, buat bayar nih Pisang."

Emak Eep mengeluarkan selembar uang seratus ribuan dari dalam ponjen yang terselip di bawah bantal. "Nih, Emak tambahin 25 ribu perak. Buat ganti ongkos."

"Makasih ya Mak, Pisangnya udah Eep gantung di dapur."

Eep langsung berlari menuju halaman belakang. Bergegas menemui Entin yang sedari tadi ngaso di pinggir empang, di sebelah kandang Bebek.

"Nih, buat lu Ntin. Buat beli baju sekolah."

"Tapi Ep ..." Entin menghela nafas lalu terdiam.

"Udah Ntin, terima aja."

"Kalo Babe nanya darimana gue dapet duit buat beli baju itu, gimana? Gue takut Ep, Babe gue galak."

"Bilang aja dari sekolah, udah sepaket sama uang pendaftaran. Jadi lu nggak perlu lagi make baju bekas Mpok lu yang udah kuning dan tipis itu. Kalo Emak gue pengen kolak pisang lagi, ntar lu kan bisa beli rok baru yang lebih gedean dikit. "

"Beneran nih Ep?"

"Mumpung Emak gue lagi ngidam, Ntin. Gue tau sebenernya cara kita salah. Tapi gimana lagi ngadepin Babe lu itu. Punya kebon Pisang tapi pelitnya minta ampun. Masak anaknya mo masuk SMA, cuma dikasih uang pendaftaran aja, nggak mau ngasih duit buat beli baju seragam. Mentang-mentang udah sukses, jadi Juragan Pisang tanpa sekolah."

29 comments

  1. hehe jadi pisangnya ngambil di kebun bapaknya entin ya. lagian pelit amat ya nggak mau kasih uang buat beli seragam. itu 100ribu juga kurang kayaknya hehe..

    ReplyDelete
  2. Sahabat sejati banget ya mereka. Terharu... :)

    ReplyDelete
  3. Entin tuh perempuan toh...maaf

    ReplyDelete
  4. emak ngidam kok anaknya yang disuruh? bapaknya mana?

    ReplyDelete
  5. Bapaknya ngelaut Mbak, eh! Bang Riga, pulangnya enam bulan sekali :D

    ReplyDelete
  6. Yang pake rok di sekolah, kalo nggak salah sih yah perempuan... hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Iya, beli baju aja dulu soalnya. Yang murah meriah gpp..., yg penting baru :D

    ReplyDelete
  8. duh, kasian. ... *cuekin kata "mbak".

    ReplyDelete
  9. Wehehehehe... emaknya usia berapa kok masih ngidam pisang?

    ReplyDelete
  10. Kocak nama tokohnya. Antara ngakak dan terharu . Ngemix :)))

    ReplyDelete
  11. Emaknya Eep ntuh nikah dini mbak :D

    ReplyDelete
  12. iya biar ngefull aja dek Junior :D

    ReplyDelete
  13. aih...keterluan babenya Entin >_<

    ReplyDelete
  14. hiks... jadi teringat sahabatku yang akrab kala sekolah dulu di Jombang...

    ReplyDelete
  15. pengen nyikat si babe...
    tp gak ambil diem2 gitu jg

    ReplyDelete
  16. Wow! Sepertinya sudah bisa buat buku kumpulan flash fiction nih!
    Keep on rolling! :D

    ReplyDelete