Cara efektif mendownload dari Youtube Full Audio

Beberapa bulan yang lalu saya sempet kebingungan, karena video yang saya download dari youtube nggak ada suaranya sama sekali. Entah itu diputer dengan Windows Media Player, Windows Media Player classic, Gom Player atau sejenisnya. Lalu saya coba ngecek en ricek beberapa video "lama" serta lagu-lagu mp3 yang tersimpan di komputer, dan ternyata nggak bermasalah tuh dengan hardwarenya, adem ayem aje. Terakhir, saya tes lagi dengan nonton langsung dari youtube, eh ternyata suaranya ada. Berarti "masalah" kemungkinan ada di software dong yah..

Akhirnya dengan segala cara, saya langsung mengotak-atik setting suara yang ada di komputer (mungkin kemaren-kemaren salah pencet). Dan ternyata, tetep aja nggak ada hasil. Maka saya pun berasumsi bahwa videonya yang rusak. Kemudian saya coba untuk mendownload lagi video-video lain. Dan hasilnya, nihil sodara-sodara. Podo wae, samimawon. suarane tetep kagak keluar. 

Berarti yang salah apa dong?

Nah, beberapa waktu lalu. Pas saya lagi ngegugling (lupa lagi nyari apa). Saya nemu info dan pemberitahuan, bahwa pihak youtube memang sudah menyettingnya seperti itu (udah dari sononya), maksudnya suara video hasil download dari youtube dijamin nggak bakal keluar kecuali diputer langsung di situsnya. (deugh, nggak gaul banget saya ternyata)

Tapi kan, jadinya nggak asyik dong. Apalagi yang saya download waktu itu adalah video tutorial, yang harus berapa kali diulang biar hafal. Belom lagi quota modem yang sering kembang kempis, dengan koneksi internet yang kadang awut-awutan. Gimana bisa belajar step by step coba? Emang otak saya kerjanya express? (nyadar diri IQ dibawah rata-rata orang jenius :D) Ya gigit jari doang jadinya..

Nggak mau nyerah, saya pun kembali berpetualang di lembah gugel dan akhirnya menemukan cara mudah dan efektif ngedapetin video dari youtube, lengkap dengan audio dan juga semua link formatnya dari pihak ketiga. Ini penting buat saya, kalo ntar mo ngedownload lagi.

Langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini :

Step 1
1. Buka http://www.youtube.com, cari dan klik video yang kita inginkan.

2. Setelah videonya jalan, copy URL Video yang ada di lingkaran merah (videonya boleh distop, biar nggak nyedot quota :D).



Step 2
3. Buka situs http://en.savefrom.net/

4. Pastekan URL Video di Lingkaran merah kedua (lihat gambar dibawah ini) lalu klik download.

5. Setelah itu akan muncul informasi video dan download link (lihat lingkaran merah)


6. Klik kanan di bawah keterangan Download Links, tepatnya di MP4 360p lalu klik copy link Adress. Ada juga beberapa video yang memiliki banyak pilihan format, seperti flv dan 3gp. 


Step 3
7. Buka aplikasi Internet Download Manager (IDM) yang sudah diinstal di komputer, klik Tasks di lingkaran merah paling atas, lalu klik Add New Download.
8. Setelah keluar menu Enter new adress to download, pastekan link di dalam menu adress di lingkaran merah (tapi biasanya link otomatis muncul sendiri) lalu klik OK.


9. Jika keterangan size video sudah keluar seperti gambar di bawah ini (lihat lingkaran merah), maka waktunya bagi kita untuk mendownload.. :D 


0 comments