Mengatasi Template yang Syntax Error saat di Upload

Ganti template lagi... ganti template lagi.

Emang yah, giliran udah dapet template yang kita suka pasti ada aja kendalanya, yang error lah, yang widgetnya nggak lengkap lah, dan kali ini layout nya nggak proposional untuk beberapa widget dan headernya yang nggak bisa di edit, trus scrolling nya yang ngaco' karena nggak bisa di klik, en de el el, en de el el.  (mungkin saya nya yang nggak ngerti kali yah). Kalo sekali dua kali sih gak masalah, lah kalo ini udah lebih dari 10 template yang di edit? Mana koneksinya lemot lagi (rutin tiap wiken). Gimana nggak puyeng, seharian melototin monitor.. hadeuuh.. 

Seperti kemaren-kemaren, beberapa template udah saya download trus disimpen buat koleksi, tapi setelah checking-checking dan coba di upload, eh ternyata banyak yang keluar tulisan syntax error (lihat gambar di bawah). Jadi mau nggak mau, yah akhirnya ngegugling lagi dan segera mencari tau ada apa dengan cint.., eh! templatenya.


(Salah sendiri sih sebenere, bukannya di test dulu malah langsung main borong aje.. xixixi...)

Wokeh... daripada curcol melulu, mending saya catet aja disini yah, gimana biar template nya nggak keluar tulisan syntax error lagi, dan bisa tersenyum sumringah ngeliat template favorit kita terpajang di blog dengan manisnya. :D

Step 1
Pertama kali yang musti dilakukan jika nemu hal ini lagi adalah membackup template lama dulu (yang sedang dipake), gak mau kan ntar nyesel kalo salah edit? Nah, caranya bisa dilihat dibawah ini :
1. Buka Dashboard pada blogspot, lalu pilih/klik Template
2. Lalu klik Backup/ Restore (di lingkaran merah dibawah ini)

 3. Setelah muncul jendela berikutnya, klik Download Full Template

4. Setelah selesai mendownload, jendela backup/restore kita close.

Step 2 
5. Klik menu edit html, tekan Ctrl + A lalu tekan delete untuk menghapus template yang sedang dipakai
6. Buka template yang akan di upload di aplikasi notepad
7. Setelah terbuka, tekan Ctrl + A, lalu copy
8. Pastekan di halaman edit template yang sudah kosong (yang sudah kita hapus sebelumnya)
9. Jangan di save dulu, tekan Ctrl F (untuk mencari/search) ketik kode b:widget id lalu tekan enter.




10. And that's it! disitulah letak masalahnya (lihat lingkaran merah)

Step 3
11. Biasanya pada setiap kode b:widget id didepannya terdapat kode Header1, HTML1, HTML2, Pagelist1, dan sejenisnya. Untuk itu kita harus menambahkan angka yang sama dibelakang kode masing-masing, misalnya Header1 menjadi Header11 (gambar diatas sudah saya tambahkan 1 dibelakangnya). HTML1 menjadi HTML11, HTML2 menjadi HTML22, Pagelist1 menjadi Pagelist11 hingga seterusnya.

12. Setelah selesai menambahkan semua, tinggal kita Save dan hilanglah sudah masalahnya. Cihuyy..

0 comments