Resep Bakso Kenyal, Mulus, Padat, Elastis dan Sehat


Ehem.. Sebagai seorang penikmat bakso (ngefans sih sebenere), saya kepengen banget bisa bikin bakso sendiri. Tapi yah itu, kalo bisa yang bebas bahan kimia alias non MSG dan tanpa "bahan tambahan" (seperti pengenyal yang dipakai beberapa abang bakso ituh). Kalo bisa, cukup diolah dengan trik dan strategi yang mumpuni, sehingga baksonya kenyal, mulus, padat dan elastis, secara alami dan enaklah pastinya. Selain irit (bikin sendiri kan lebih murah) tentunya juga sehat, dan bisa dikonsumsi untuk si kecil.

Nah, sebenernya saya udah lama nyimpen resep Bakso Home Made yang cara pengolahannya dibahas secara spesifik dan sangat membantu seorang pemula seperti saya :D. Tapi Resep tersebut baru saya coba sebulan yang lalu, karena sebelumnya masih riweuh dengan resep favorit yang satu lagi, apa itu? yah, apalagi kalo bukan pempek (lah, orang palembang tapi nggak bisa bikin pempek?) *tutup muka pake panci* :D.

Tapi sayang sungguh sayang.., saya masih belum ngedapetin resep pempek yang paling gres. Resep dan triknya masih standar, seperti kebanyakan resep yang bersliweran di internet (yang tanpa "bahan tambahan"). Kalo pengen tau resep yang standar itu kayak gimana, ntar deh... kapan-kapan saya posting resepnya yah. 

Karena hanya saya dan si kecil yang pengen ngebakso di rumah (suami mah lebih doyan Pempek), jadi saya hanya bikin setengah dari resep aslinya (baru belajar inih). Dan lagi, kalo bikin banyak buat nyetok, godaannya beraaat men... nggak nyampe dua hari bisa-bisa ntuh bakso langsung ludes, ntar gagal lagi dong dietnyaaa...

Oh ya, fyi.. resepnya sudah saya modif sedikit (sesuai stok di dapur) tapi sebagian besar langkah-langkahnya tetap mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditentukan dari Empunya Resep, saya mah manut wae.. :D

Okeh.. ini dia Resep membuat Bakso Ayam Kenyal, Mulus, Padat, Elastis dan Sehat  yang mau nggak mau telah saya jadiin simple dan seadanya :p. 

Step 1 
# 250 gram Daging ayam giling setengah beku, masukkan ke dalam wadah yang agak besar.
(bagi yang punya food processor, bisa di giling dengan es batu sampe halus banget. Kalo saya mah karena nggak punya, jadi langsung beli ayam yang sudah digiling aja :D. Oh ya, saya lebih suka bakso ayam, karena kalo daging sapi, rasanya kok kayak makan sarden kalengan yah?) :D

# 2-3 sdm air es, campur dengan garam, gula, lada, kaldu bubuk (optional) sesuai selera, aduk rata. Lalu tuang ke adonan daging ayam giling sedikit demi sedikit. Kemudian remas-remas adonan hingga merata. Bagusnya sih, make mikser biar tangan nggak kerasa beku saking dinginnya. Dengan begitu pencampuran juga jadi lebih maksimal dan teksturnya lebih mulus. Kecuali untuk resep saya yang bahannya cuma seiprit. Sing penting, nguleninnya aja yang agak dilamain (pake pengaduk biar jari-jarinya nggak menggigil).

Step 2
# Setelah kalis, masukan bawang goreng secukupnya. (Bawang goreng ini yang bikin bakso kerasa manis-manis gurih) Kalo bisa gunakan bawang merah yang digoreng dengan tepung (untuk mengurangi keasaman dari rasa bawangnya).

# 1-2 sdm sagu (masukan sedikit demi sedikit, uleni hingga rata).
Aslinya sih make tepung maizena. Di resep juga ditambahkan baking powder dan baking soda, tapi saya nggak pake, karena emang nggak nyetok dan biar kerasa lebih sehat :D

# Basahi tangan dengan air es, lalu banting-banting adonan hingga 10-11 kali agar alur seratnya kompak dan menyatu. (Ini yang paling penting, asal mbantinge jangan kelebihan aja biar teksturnya mulus dan nggak keras)

Step 3
# Rebus air hingga mendidih, lalu matikan.

# Olesi tangan dengan minyak goreng. Bentuk adonan bulat dengan memencet adonan beberapa kali, hingga didapat permukaan yang bulat dan mulus dengan tekstur yang kompak, padat serta tidak berongga.

# Ambil dengan sendok yang sudah dibasahi dengan air, masukkan ke dalam air rebusan.

# Setelah semua adonan bulat terendam, rebus dengan api kecil saja (agar baksonya kenyal) selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang (setelah bakso mengapung, tunggu hingga 5-10 menit baru angkat dan tiriskan).

# Siapkan air dingin berisi es, lalu rendam bakso yang sudah matang hingga dingin. Tiriskan.

# Sisa air rebusan dipakai untuk kuah bakso.

2 comments

  1. Tips dari sahabat saya, kalau hasil bakso mau kenyal tapi nggak keras, tambahkan agar agar bubuk dalam adonan bakso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo setau saya sih, pengenyal alami itu karagenan, sejenis agar-agar bubuk tapi harganya mehong sih mba. Nah kalo pake agar-agar biasa bisa jg ya mba?

      Delete