Marmer Cake (Trial dan Error)

Mari ngomong makanaaaan.. #glek


Belakangan ini saya lagi pengen makan ini dan makan itu. Apalagi karena sekarang memang lagi musim penghujan dan kondisinya semakin membuat saya terpicu untuk pedekate sama kompor dan setrikaan (biar anget maksudnya).


Satu hal lagi yang saya lakukan kemaren adalah bikin marmer cake ditengah keriweuhan, ngurus bayi dan balita. Yang sebelumnya pernah sempet gagal bikin kue ultah karena si ayah lebih suka makan pempek. Padahal hati ini sudah ngarep banget bisa nyicip kue coklat lembut seperti ultah si kakak taon kemaren yang rasanya nyoklat banget, berlapis dan baaaaanyak. Yang atasnya ditabur serutan coklat, whip cream dan buah cherry.. nyam nyam nyam...

Berhubung marmer cake itu bahannya bisa dibeli di warung (gak perlu ke tbk alias toko bahan kue) dan modal bahannya masih bisa di pertimbangkan khususnya di tanggal tua (demi mengobati rasa kangen masa kecil di kampungnya nenek). Maka jadilah marmer cake yang rasanya, lembut, lembab, beraroma mentega dan sedikit coklat. 'Perpaduan dari resepnya Yongki Gunawan dan ibu saya (Penyempurnaan menurut saya sih) karena disesuaikan dengan selera yang bikin hehehe... walopun sempet kocar kacir dan salah urutan ketika mencampur dan memanggang tapi alhamdulillah rasanya sesuai dengan prediksi, meskipun resepnya tanpa bahan tambahan/food additive sama sekali, hanya dibutuhkan sedikit bahan tambahan dari resep aslinya yaitu 2 kuning telur sebagai pelembut dan pewarna kuning alami serta 1 hingga 2 putih telur sebagai pengembang alami. Kalopun ingin sedikit lebih padat boleh ditambah terigu lagi sebanyak 50 gr.


Sempet trial dan error berapa kali, ada yang rasanya enak tapi tampilan marmernya kok awut2an, ada yg tampilannya udah bagus tapi tekstur dan rasanya kurang lembab, trus ada yang udah pas bahan dan tehniknya tapi rasanya agak tawar, karena lupa nambah takaran gulanya hihihi... Resepnya udah pernah saya posting di akun IG, namun yang ini hasilnya memang lebih lembut dan lembab.

Marmer Cake/Butter Cake/Bolu Kik/Bolu Mentega

.: Bahan :.
8 kuning telur (aslinya 6 kuning telur)
6 putih telur (aslinya 4 kuning telur)
300 gram butter campur margarin (aslinya 250 gr)
225 terigu, kunci biru
300 gr gula halus (aslinya 250 gr)
Bubuk coklat secukupnya

.:Cara :.
Kocok putih telur hingga berbusa dan kaku (ketika wadahnya dibalik tidak jatuh) sisihkan
Kocok gula dan campuran butter hingga lembut dan berwarna pucat
Masukkan kuning telur satu persatu, mixer hingga mengembang dan membentuk lipatan
Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk pelan hingga rata
Masukkan putih telur yg sudah dikocok sebelumnya, aduk balik hingga rata.
Ambil 3 sdm adonan, beri bubuk coklat secukupnya tambahkan hingga berwarna agak pekat.
Masukkan adonan ke loyang tulban, tuang adonan coklat ditengah sepanjang adonan putih kemudian langsung putar dengan sendok (untuk mendptkan corak marmer dan adonan coklat tidak turun ke bawah). Panaskan oven. Panggang dengan api bawah suhu 180 dercel 30 menit, lalu api atas bawah suhu 180 dercel kurleb 15 menit atau hingga atasnya kecoklatan.

.: Done :.
 

7 comments

  1. Wah...pagi2 dapet resep cake...boleh catet dong mbak...penampakan nya sungguh sangat menggiurkan...hihii...

    ReplyDelete
  2. loyang tulban itu kaya gimana mbak? hehehe ketauan jarang masak kue ya aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya kayak loyang ager itu loh mbak, yang bikin kuenya bolong di tengah

      Delete
  3. Jd kangen marmer cake buatan ibu saya

    ReplyDelete
  4. Trialnya sukses itu maah. Saya angkat tangan klo urusan baking deh...

    ReplyDelete