Resep Puding Ikan Koi



Kapan hari, dulu. Setaon yang lalu di bulan Januari, saya sempet upload foto ini di Instagram. Nah pas kemaren ngotak ngatik blog, eh ternyata resepnya masih ada di draft. Mumpung suasananya masih Ramadhan, pas bangetlah bikin yang beginian buat anak-anak di rumah. Seru-seruan buat lebaran juga bolehlah, kan biasanya puding yang disajiin buat tamu pake cetakan loyang biasa trus di potong-potong, kali ini bikin yang agak kreatif, sesekali buat nyenengin anak-anak.

Sempet penasaran sama puding yang satu ini (waktu lagi ngetrend di grup), alhasil saya pun ngubek-ngubek toko bahan kue yang ada diseantero Palembang (yang di daerah dempo dan beberapa mall). Tapi ternyata dua cetakan ini blom ada saat itu. Padahal TBK disini lumayan lengkap. Kurang Stok, Kurang kekinian apa kurang update yah? :p. Akhirnya saya pesen cetakannya secara online sekalian saya juga pesen cetakan pie yang kecil-kecil di Instagram (lupa nama Akunnya).


Setelah Praktek. Deuh, ternyata butuh perjuangan yah bikin yang beginian, keliatannya sih gampang, tapi bikin mata ikannya itu aja udah bikin mata saya jereng dan tangan kemeng karena bahannya pake meses yang terbilang rapuh dan kecil. Meskipun jelinya udah ditusuk pake lidi terlebih dahulu (tetep aja mesesnya banyakan yg patah dari yg suksesnya). Kapan-kapan mo nyoba pake biji selasih aja ah.

Karena ini pertama kalinya saya bikin puding jelly, jadi mau gak mau pastilah ada tehnik yg kelewat, nah masalahnya yg kelewat ini yah yang lumayan fatal, (saking gak sabaran pengen nyobain bikin, kali yah) 
ヾ(-_-;)...

.: Puding Ikan Koi :.

Bahan :

Ikan
1 bks Agarasa Vanila
1/2 bks Nutrijell Plain
Susu Kental Manis Putih 2-3 sachet
Gula secukupnya
2 1/2 gelas Air
(dikurangi setengah dari resep yg tertulis dibagian belakang bungkus agarasa, biar ikannya gak melar dan ekor ga patah)
Didihkan, lalu tuang ke cetakan yang sudah dioles dengan air biasa, biar ikannya gampang dikeluarin.



Kolam
Gula secukupnya
Air kurangi separoh dari resep
Nutrijel rasa blueberry biar airnya biru (seharusnya) tapi kemaren saya salah beli, bungkusnya biru tapi rasanya plain, pas mo dimasak eh warnanya transparan, untung masih ada sisa pasta pandan, maka jadilah kolamnya warna ijo. Hidup ijo!



Corak Ikan Koi
Pengennya ikan warna mozaik, jadi Nutrijel rasa jambu biji (merah) dimasak dan dipotong dadu terus dimasukkan ke cetakan ikan kemudian baru dituang cairan puding yang warna putih (pake skm) atau bening (plain). Tapi kenyataannya, begitu bahannya mo dituang ke panci eh bubuknya ternyata udah mengeras (kadaluarsa), gagal maning.. gagal maning..



Untungnya, ternyata di kulkas masih tersimpan pasta strawberry, jadi akhirnya ikan koi nya dilukis aja bersama si kakak pake cutton bud (pewarnanya dicampur dengan cairan nutrijel biar pas kering warna merahnya menempel diatas ikan).

Fiuuuh.. sempet deg degan juga karena takut warnanya meleber kemana-mana meskipun atas ikannya udah dikeringin pake tisu (biar lukisannya rapi dan ga meleber).

11 comments

  1. nahhh... ini nih, yang aku penasaran pingin bikin. aku sampai nulis status nulis penasaran gimana caranya. Ya ampun, ternyata di blogmu ada. aku juga penasaran pingin belajar bikin ginian.

    ReplyDelete
  2. Cantik :)
    Rajin bgt ih, saya mah udah males duluan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. itu setaon yg lalu rajinnya kok mba, sapa tau bisa dijadiin bisnis, kalo skrg mah rajinnyo gak tau ngilang kemana hehehe

      Delete
    2. Wahaha saya sama dengan Mbak Lia, nih.
      Pengennya langsung makan

      Delete
  3. Wiii bagus, mirip aslinya. Aku ngebayangin bikinnya aja udah takut soalnya nggak jodoh sama yg cantik2 begini tanganku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. sebenernya kalo gak penasaran bgt belomn yg tentu saya bisa bikin yg beginian mba, modal nekat aja ini mah
      ヽ( ´¬`)ノ

      Delete
  4. mba aku kok ga kebayang yah hahaha semoga mba berbaik hati bikinin VLOG-nya ni tutorial puding koki gemes banget liatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, insya allah mba, tp gak tau kapan lagi bisanya
      😅

      Delete
  5. Cantik banget puding ikan koi nya ini. Tapi kayaknya susah tuh bikin corak2nya itu, pengin makannya ajaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, mksh mba. gampang kok mba asalkan ada contohnya :D

      Delete