#8 Minggu Ngeblog: Seandainya saya tidak ngeblog #3

by - 25 Mei

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Postingan ini merupakan sebagian besar kesimpulan atau rangkuman jawaban kali yah "Seandainya saya tidak ngeblog" sekaligus sebagai alasan kenapa saya ngeblog. :D


Seandainya saya tidak ngeblog, mungkin saya tidak akan pernah aktif di facebook dan twitter untuk berkomunikasi dan bersilahturahmi bersama para sahabat blogger. 

Seandainya saya tidak ngeblog, mungkin saya tidak akan pernah berani untuk belajar menulis dan belajar bercerita. Bisa bergabung di dalam sebuah grup yang anggotanya mampu memacu saya untuk menulis dan terus menulis, meski saya banyak memiliki kekurangan disana sini. Dimana lagi saya bisa menemukan komunitas belajar menulis bersama seperti itu yang anggotanya menyambut saya dengan begitu welcome, membuat saya nyaman tanpa no heart feeling dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri.

Seandainya saya tidak ngeblog, saya belum tentu bisa belajar berbagi dengan orang-orang yang "bernasib sama". Karena dengan ngeblog, saya merasa tidak sendiri. Saya bisa mengungkapkan uneg-uneg dengan lebih leluasa, mau marah-marah, sedih, seneng, teriak-teriak tidak akan ada yang terganggu telinganya. Toh saya menulis dan belajar berkata tanpa bersuara. Walaupun apa yang saya tulis malah lebih lantang dari sekedar berbicara. Dan yang paling penting, ngeblog mampu mendorong saya untuk aktif berpikir dan berpikir lagi serta berinisiatif untuk mengembangkan sudut pandang yang lebih luas.

Seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak pernah tau bahwa banyak sekali orang-orang diluar sana, diluar kota bahkan diluar negeri yang nasibnya lebih menyedihkan. Seandainya saya tidak ngeblog saya tidak akan pernah membaca cerita-cerita pilu para sahabat blogger yang membuat saya jadi lebih bersyukur dengan hidup ini.

Seandainya saya tidak ngeblog, kapan lagi saya bisa berbagi cerita dengan panjang lebar. Sedangkan waktu ini tak pernah cukup bahkan untuk berbagi ke tetangga, saudara atau sahabat di luar sana. Seandainya saya tidak ngeblog kemana lagi saya harus mengeluarkan banyak cerita terpendam menjadi sebuah tulisan.

Ngeblog itu something, yang sudah saya lakoni tapi seringkali mandek, terbentur karena ide yang tak datang-datang. Seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak akan pernah tau sampai dimana kemampuan saya menulis dan tidak ada yang akan berkomentar bahwa tulisan saya jelek sehingga dengan cepat saya akan mengoreksi lalu belajar lagi, tidak ada yang akan mengajak saya berargumen saling beradu pendapat lalu saya akan semakin terus belajar untuk lebih bertanggungjawab.

Seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak akan bisa belajar banyak untuk bisa saling mengingatkan. Berbagi pengalaman, dari yang tidak tau tiba-tiba jadi tertarik karena tulisan yang begitu menggugah. Seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak akan bisa mengikuti banyak lomba-lomba menulis dan memiliki kesempatan untuk menang.

Dengan ngeblog saya bisa mengingat dan mencatat memori-memori yang mungkin suatu hari akan terlupakan begitu saja. Seandainya saya tidak ngeblog mungkin saya tidak akan memerlukan biaya tambahan untuk membeli pulsa modem setiap bulan. Tapi meskipun ilmu bisa kita dapatkan dari buku, seandainya saya tidak ngeblog mungkin pengetahuan saya tidak akan bertambah sebanyak ini.

Seandainya saya tidak ngeblog saya tidak akan banyak belajar dari kisah nyata. Membaca dan berbagi melalui blog membuat saya menjadi terpacu untuk belajar hidup dengan lebih baik lagi serta membangkitkan kesadaran dan mencerahkan pikiran. Dan kita akan mendapatkan banyak dorongan, masukan bahkan dukungan dari para sahabat blogger juga tentunya. ^_^

~oOo~

You May Also Like

0 Comments